Sabtu, 12 Januari 2013

Bank Aneh

Anda tentu masih ingat Eitophia, ya sebuah negara di benua Afrika kalau tidak salah.
sekarang, ternyata makin banyak orang eropa yang merasa terharu menyaksikan kemiskinan saudara-saudara mereka di negara-negara Dunia Ketiga.
Di arena Live Aid dan USA dor Africa, tak sedikit dari mereka yang dengan senang hati mengirim uangnya ke Lembaga amal untuk disalurkan ke Eitophia dan sudan. hampir tiap malam mereka tonton televisi gambar anak-anak kecil, hitam kurus tapi kembung perutnya, kepala besar, mata sayu dan lalat-lalat mengerubungi borok mereka. tergugahlah rasa kemanuasiaan mereka.
tak sedikit diantara mereka yang menyangka bahawa anak-anak macam mereka itu pulalah yang menghuni pulau jawa, pulau "perahu kelebihan muatan" yang terkenal kemelaratannya.
sekarang di Swedia, Jerman, Inggris dan negara-negara barat lainnya berdiri Bank-Bank Aneh. yakni, bank yang permodalannya dikumpulkan dari orang-orang terharu, dan anda boleh meminjam uang kepada bank itu hanya kalau anda ingin menyelenggarakan proyek-proyek kemanuasiaan dan bukannya bisnis untuk capital profit.
yang belum banyak diketahui oleh orang-orang terharu itu ialah apa yang terjadi sebenarnya di dalam struktur politik dan perekonomian dunia ; bahwa negara-negara industri kapitalis, bahwa penduduk terharu itu, sesungguhnya hidup makan minum dari kita-kita yang melarat di Dunia Ketiga.
Mereka kini mulai beramal. sedang kita sudah berabad-abad lamanya ber-shadaqah memberi makan mereka.

"Secangkir Kopi Jon Pakir" gambar dari google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ingin Tanggapan ulang, silahkan kasih koment ya ...